NAMA : ROBBY HAMDANY
KELAS : 2KA38
NPM : 16111419
- · Apa yang dimaksud dengan konsumen?
Perilaku
konsumen adalah proses dan aktifitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevalusian produk dan
jasa demi memenuhi kebutujan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Pendekatan Perilaku Konsumen :
Perilaku Kardinal :
Pendekatan kardinal merupakan kepuasan seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan (misalnya:uang). Setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu. Semakin besar jumlah barang yang dapat dikonsumsi maka semakin tinggi tingkat kepuasannya. Konsumen yang rasional akan berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya pada tingkat pendapatan yang dimilikinya. Besarnya nilai kepuasan akan sangat bergantung pada individu (konsumen) yang bersangkutan. Konsumen dapat mencapai kondisi equilibrium atau mencapai kepuasan yang maksimum apabila dalam membelanjakan pendapatannya mencapai kepuasan yang sama pada berbagai barang.
Perilaku Ordinal :
Dalam Pendekatan Ordinal daya guna suatu barang tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang.
- · Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh perusahaan atau industry?
Kurva biaya tetap merupakan garis
lurus sejajar sumbu x (output) karena besarnya tidak dipengaruhi besarnya
produk.
Kurva biaya variabel tampak
melengkung mengikuti efisiensi penggunaan faktor produksi .Apabila secara
teknis penggunaan faktor produksi efisien (yang digambarkan oleh elastisitas
produksi) maka biaya variabelnya akan rendah, sehingga bila ada kenaikan
efisiensi penggunaan faktor produksi akan ada penurunan biaya variabel dan
sebaliknya bila ada penurunan efisiensi faktor produksi menyebabkan kenaikan
biaya variabel.
- · Jelaskan mengapa konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?
Banyak
sekali pendekatan yang dapat dilakukan untuk menganalisa perilaku konsumen.
salah stunya adalah dengan survey kepada konsumen tentang produk atau jasa yang
dijual kepada konsumen.
- · Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
·
Motivasi
·
Persepsi
·
Pembentukan sikap
·
Integrasi
- · Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Dengan cara mempelajari lebih
mendalam perilaku konsumen yang sedang terjadi dan melakukan
pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam analisa perilaku konsumen. Serta
mencari ide baru yang kreatif dengan harga yang sesuai dengan mutu serta
kualitas yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar