Senin, 29 April 2013

Tugas Teori Umum Organisasi 2 "Konsumen"


NAMA              : ROBBY HAMDANY
KELAS              : 2KA38
NPM                : 16111419

  • ·         Apa yang dimaksud dengan konsumen?

Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevalusian produk dan jasa demi memenuhi kebutujan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Pendekatan Perilaku Konsumen :
Perilaku Kardinal :

Pendekatan kardinal merupakan  kepuasan seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan (misalnya:uang). Setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu. Semakin besar jumlah barang yang dapat dikonsumsi maka semakin tinggi tingkat kepuasannya. Konsumen yang rasional akan berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya pada tingkat pendapatan  yang dimilikinya. Besarnya nilai kepuasan akan sangat bergantung  pada individu (konsumen) yang bersangkutan. Konsumen dapat mencapai kondisi equilibrium atau mencapai kepuasan yang maksimum apabila dalam membelanjakan pendapatannya mencapai kepuasan yang sama pada berbagai barang.

Perilaku Ordinal : 

Dalam Pendekatan Ordinal daya  guna  suatu barang tidak  perlu diukur, cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang
.
  • ·         Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh perusahaan atau industry?

Kurva biaya tetap merupakan garis lurus sejajar sumbu x (output) karena besarnya tidak dipengaruhi besarnya produk.
Kurva biaya variabel tampak melengkung mengikuti efisiensi penggunaan faktor produksi .Apabila secara teknis penggunaan faktor produksi efisien (yang digambarkan oleh elastisitas produksi) maka biaya variabelnya akan rendah, sehingga bila ada kenaikan efisiensi penggunaan faktor produksi akan ada penurunan biaya variabel dan sebaliknya bila ada penurunan efisiensi faktor produksi menyebabkan kenaikan biaya variabel.
  • ·         Jelaskan mengapa konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?

Banyak sekali pendekatan yang dapat dilakukan untuk menganalisa perilaku konsumen. salah stunya adalah dengan survey kepada konsumen tentang produk atau jasa yang dijual kepada konsumen.
  • ·         Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?

·               Motivasi
·               Persepsi
·               Pembentukan sikap
·               Integrasi

  • ·         Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?

Dengan cara mempelajari lebih mendalam perilaku konsumen yang sedang terjadi dan melakukan pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam analisa perilaku konsumen. Serta mencari ide baru yang kreatif dengan harga yang sesuai dengan mutu serta kualitas yang baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar